Thursday, March 10, 2011

Lapis Lam

Setelah baca resep lapis lam yang di share sama mbak Sari Ratna Harjani di milis, aku jadi tertarik buat nyoba karena mbayangin rasanya yang pasti legit. Ternyata emang nggak rugi deh nyobain bikin kue ini, rasanya enak dan bikinnya gampang. Cuma harus telaten aja waktu bikin lapisan-lapisannya,  Kayaknya aku harus lebih banyak latihan biar bisa lebih rapi lagi hasilnya.
Aku bikinnya 1/4 resep aja karena males ngeluarin klakat yang gede. Jadinya pakai loyang loaf dan kukusan yang kecil aja.



Lapis Lam (khas Banjar)
Sumber: Mbak Sari Ratna Harijani

Bahan:
Telur ayam 18 butir  (aku pake 5 butir ukuran kecil)
Gula pasir 500 gr (aku pake 125 gr)
Tepung Terigu 8 sdm (aku pake 2 sdm)
Santan Kendal 4 1/2 gelas (dr 2btr kelapa + air perasan daun pandan) (aku pake kurleb 250 ml)
Mentega. 200 gr,lelehkan (aku pake 50 gr)
Susu kental manis 1 kaleng (pake 1/4 kaleng)
Coklat bubuk. 2sdm (pakai yg baik biar ga pahit) (aku pake 1/2 sdm)

Cara:
Campur semua bahan bisa dimix/blend,kemudian bagi 2
Separuh adonan tambahkan coklat bubuk 2 sdm muncung(duuh...bhs bakunya apa yaa?)
Kemudian di mix sebentar hingga rata aja.
Kukus di atas loyang(26x26cm)(aku pake loyang loaf  7 x 20 cm) yg dilapisi plastik dan telah dioles minyak.
Mulai masukkan adonan lapis demi lapis selang seling setiap 5 menit.
Setelah semua adonan habis,kukus sampai matang -+ 15 s/5 30mnt.

Tips: saat mengukus tutup dandang dilapisi kain ya biar ga netes airnya.
Note: 1 gelas disini adalah 1 gelas belimbing kira-kira sama dengan  225 ml

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by YummyLolly.com