Wednesday, December 30, 2009

Gyoza desu... Oishii yo!!

Sebagai penggemar gyoza, yang sering pesan menu yang satu ini tiap kali makan di restoran Jepang. Aku bertekad mau bikin sendiri biar bisa lebih hemat dan puas makannya. Setelah melihat berbagai macam resep gyoza sampai bingung sendiri, akhirnya aku gabung-gabungin aja cara dan bahannya agar sesuai dengan selera dan bahan yang aku punya.
Ternyata gyoza-ku sukses lho, rasanya cukup autentik dan nggak kalah enak dengan yang biasa dijual di restoran-restoran jepang, bagian bawah terasa renyah dan ada kress-kressnya, bagian atasnya lembut.
Kali ini aku kasih resep-nya dulu ya, nanti kalo bikin lagi akan aku fotoin penampakan kulit gyoza sekalian step by stepnya. Oh ya, foto gyoza yang besar itu penampakan bawahnya yang kering, yang kecil foto bagian atasnya, ya...
























Chicken Gyoza

Bahan:
Kulit Gyoza siap pakai 2 bungkus (32 lembar)
Ayam cincang 200 gr
Sawi putih 4-5 helai
Kucai satu ikat kecil
Garam untuk sawi dan kucai

Bumbu:
Bawang putih 5 siung, parut/cincang halus
Jahe 1 ruas, parut/cincang halus
Shoyu 1 sdm
Minyak wijen 1 sdm
Sake 1/2 sdm (bisa dihilangkan)
Gula 1/2 sdm
Sagu tani 1/2 sdm
Kaldu blok 1 buah
garam 1 sdt
Merica 1/2 sdt

Untuk menggoreng:
Minyak secukupnya
Air panas kurang lebih 100 ml
Minyak wijen

Cara:
1. Cincang halus sawi putih dan kucai, taburi garam, remas-remas lalu diamkan 10 menit sampai berair. Peras, buang airnya, sisihkan.
2. Campur ayam cincang dengan sawi dan kucai yang telah diperas, uleni sampai rata dan kalis. Masukkan semua bumbu, aduk rata.
3. Olesi tepian kulit gyoza dengan air atau putih telur. Taruh sekitar 1 sdt bahan isian ke tengah-tengah kulit. Lipat dua, buat lipitan di salah satu sisi sambil ditempel, rapikan.
4. Siapkan wajan datar anti lengket, oles dengan sedikit minyak, panaskan.
5. Tata gyoza di atas wajan, siram air panas hingga bagian bawah sedikit terendam. Segera tutup wajan.
6. Setelah kurang lebih 3 menit, buka tutup wajan. Biarkan air menguap habis, dan bagian bawah gyoza agak kecoklatan. Ciprati dengan sedikit minyak wijen agar wangi. Angkat, sajikan.

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by YummyLolly.com